siMAYA merupakan aplikasi e-office yang telah disempurnakan dari aplikasi e-office sebelumnya. Aplikasi siMAYA telah disesuaikan dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 6 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Tata Naskah Dinas Elektronik di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Aplikasi ini dikembangkan dengan mengadopsi teknologi terbaru yaitu cloud computing dengan bahasa pemrograman nodejs dan menggunakan database mongo. Pada kondisi dan pertimbangan tertentu, aplikasi siMAYA dapat diinstall secara lokal di instansi pemerintah.

Manfaat :

  • Implementasi sistem elektronik administrasi perkantoran konvensional yang selama ini digunakan.
  • Meningkatkan keterhubungan dan koordinasi antar instansi pemerintah baik pusat dan daerah melalui mekanisme birokrasi yang berlaku.
  • Meningkatkan efisiensi waktu dan efektivitas administrasi perkantoran.
  • Dapat diakses dari manapun dan kapanpun melalui internet dan atau intranet.
  • Implementasi sederhana dari Green ICT di lingkungan instansi pemerintah.
  • Fitur :

  • Sistem surat menyurat dan disposisi yang sesuai dengan tata naskah dinas elektronik.
  • Template yang sesuai dengan Tata Naskah Dinas (TND) no 80 tahun 2012.
  • Melacak posisi surat.
  • Pengendalian surat keluar dan surat masuk.
  • Pelaksana harian (Plh).
  • Untuk dapat memanfaatkan aplikasi siMAYA ini dapat kontak ke :
    Direktorat e-Government
    P: 021-3849366, atau email ke monika.suharko@kominfo.go.id