Social Distance Diterapkan Bupati Brebes Saat melantik Pejabat

Pengelola Berita

2020-03-21 | 14:22:16

# Comments

Ada yang berbeda pada acara pengambilan sumpah dan pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes Tahun 2020 di Pendopo Bupati, Jumat (20/3).

Seluruh undangan sebelum memasuki pendopo menjalani cek suhu badan dan membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer. Dan sebagaimana instruksi Presiden RI Jokowi, menerapkan social distance, dengan cara kursi undangan disusun berjauhan, tidak saling berjabat tangan dan memakai masker bagi yang kurang sehat.

"Untuk menguatkan kelembagaan di Pemkab Brebes, kami melantik 70 Pejabat pada beberapa jabatan yang kosong maupun mutasi," ungkap Idza.

Pelantikan ini, katanya, sengaja menerapkan social distance demi menghindari kemungkinan terburuk dari penyebaran Covid-19.

Idza menekankan, bahwa masa perang melawan pandemi virus Corona saat ini masyarakat memerlukan informasi yang benar-benar akurat dan tidak meresahkan. Untuk itu, yang berada di bidang kesehatan supaya memberikan layanan prima sesuai prosedur yang ada, dengan bersama-sama menjaga warga masyarakat Brebes seaman mungkin dari penyebaran virus corona.

Selain itu, Bupati memberikan arahan singkat pada pejabat yang baru, antara lain agar segera beradaptasi dengan lingkungan kerja, siap tingkatkan kinerja dan kerja keras bersama-sama, berkoordinasi, berjiwa pemimpin dan juga mampu memahami sekaligus mencari solusi atas persoalan di lapangan. Yang tidak kalah penting, kesediaan menerima dengan lapang dada, aneka kritik yang ditujukan padanya, demi peningkatan pelayanan dan kemajuan OPD yang dipimpinnya.

Idza juga berpesan, hendaknya para pejabat dapat menjaga kewibawaan pemerintah dengan menjaga profesionalisme serta bersikap sopan, ramah dan rendah hati, terlebih dengan kemudahan komunikasi melalui media sosial seperti sekarang ini.

Idza tak lupa memberikan ucapan selamat atas jabatan baru yang di emban dan meminta pejabat yang baru ini untuk secepatnya menyesuaikan diri, menyusun rencana strategis untuk kedepan membawa instansi yang dipimpin menjadi lebih baik.

"Jangan menyalahgunakan jabatan untuk kepentingan pribadi ataupun yang menjurus pada hal hal yang menyalahi aturan. Cepatlah susun rencana strategis, bawalah instansi yang anda pimpin untuk menjadi yang lebih baik, dan yang terpenting jangan salah gunakan jabatan," tandasnya.

Dari 70 orang yang dilantik, 5 orang diantaranya menduduki pimpinan tinggi pratama berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Brebes Nomor 821.2/146/2020, Tertanggal 20 Maret 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes. Antara lain Drs Apriyanto Sudarmoko yang sebelumnya sebagai Camat Bumiayu menduduki jabatan baru sebagai Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Sosial Kabupaten Brebes. Dra Tetty Yuliana MPd Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Brebes sebagai Asisten Sekda Bidang Pengembangan Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Brebes. Yuta Sugihyarti SH Kabag Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Brebes sebagai Asisten Sekda Bidang Administrasi Kabupaten Brebes. Subagiya SH Kepala Bagian Pemerintahan Desa Sekretariat Daerah Kabupaten sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Brebes. Dan Supriyadi S Sos Camat Jatibarang sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Brebes.

Sedangkan Pelantikan Jabatan Administrator dan Pengawas sebanyak 65 orang, berdasarkan SK Bupati Brebes nomor : 821.2/147 Tahun 2020 tanggal 20 Maret 2020, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dalam Jabatan Administrator dan Jabatan Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes, yang terdiri dari Sekretaris, Kabid, Kabag, Kasi, Kasubag, Kasubid, Camat dan Sekcam.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH, Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan MT, Anggota DPRD Brebes, Kepala Inspektorat Sri Teguh Pambudi serta Kepala BKPSDMD Sutrisno SH, para Kepala OPD, Kabag, Camat dan tamu undangan lainnya. (Suprapto/Wasdiun)

Bagikan :



Leave a comment