Pemkab Brebes Segera Lakukan Penanganan dan Antisipasi Banjir Rob

Pengelola Berita

2020-06-06 | 20:25:14

# Comments

Penanganan dan antisipasi banjir rob akan segera dilakukan Pemerintah Kabupaten Brebes. Seperti yang terjadi di wilayah Kecamatan Losari, akan dilakukan penyedotan air, peninggian jalan dan pembangunan tanggul dibangun dalam anggaran pembangunan ke depan.

Demikian disampaikan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH saat pemberian bantuan sembako di Balai Desa Prapag Kidul, Jumat (5/6) malam.

"Kami akan lakukan berbagai langkah penanganan dan antisipasi semaksimal mungkin demi kenyamanan dan keamanan warga di wilayah pesisir pantura Brebes, apalagi pandemi virus corona belum usai," katanya.

Dilanjutkan Idza, peninggian jalan ada pada anggran Pemkab Brebes. Sedangkan pembangunan tanggul akan dibangun pada program nasional. Sesuai Perda Nomor 13 mengenai Kawasan Industri Brebes (KIB) dan dan Kawasan Peruntukan Industri Brebes (KPIB) yang tertulis pada Peraturan Presiden Nomor 79 tahun 2019, yang intinya kawasan prioritas pembangunan nasional akan dilaksanakan. Seperti halnya apa yang dibutuhkan warga termasuk pembangunan tanggul tersebut.

"Telah disiapkan anggaran sebesar Rp 500 miliar guna pembangunan penahan rob di lima kecamatan yaitu Losari, Tanjung, Bulakamba, Wanasari dan Brebes," tuturnya.

Camat Losari Sumarno, menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Brebes yang telah memberikan bantuan warga terkena rob. Adanya bantuan tentunya akan meringankan beban warga.

"Rob ini terjadi merupakan siklus tahunan, hanya memang dari kabar warga rob tahun ini lebih besar dari tahun sebelumnya," terangnya.

Sumarno melaporkan, rob melanda tiga desa di Kecamatan Losari, diataranya Desa Prapag Kidul, Prapag Lor dan Karangdempel. Dia juga berharap rob cepat surut, sehingga warga bisa beraktifitas seperti biasa.

"Dari masyarakat sendiri, mulai kepala desa sampai Karang Taruna bahu membahu membantu warga. Dapur umum juga dibuat untuk penyediaan makanan," ucapnya.

Usai memberikan bantuan bupati bersama SKPD meninjau desa yang terendam rob. Adapun bantuan sembako yang berikan berupa beras, telur dan mie instan. (Bayu Arfi/Wasdiun)

Bagikan :



Leave a comment












-->