Meriahkan Hari Jadi Brebes, DPKH Gratiskan Vaksinasi Rabies dan Pengobatan Hewan

Pengelola Berita

2020-02-14 | 10:19:07

# Comments

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Brebes bekerja sama dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Propinsi Jawa Tengah menggelar Vaksinasi Rabies Gratis, Pesta Patok dan Gerakan Konsumsi Pangan Hewani Bagi Anak Usia Sekolah (Gerimis Bagus) di halaman SD Kelampok 05, Kecamatan Wanasari, Rabu (12/2). Perhelatan ini sebagai rangkaian memeriahkan Hari Jadi ke-342 Kabupaten Brebes.

Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH yang membacakan sambutan Bupati Brebes mengatakan, kegiatan kali ini sebagai upaya peningkatan pembangunan bidang peternakan agar menghasilkan produk unggulan yang berdaya saing serta dapat meningkatkan pendapatan bagi peternak dan kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

Narjo mengatakan, pemeriksaan kesehatan hewan secara lengkap dan teratur sangat perlu dilakukan dalam upaya menangkal munculnya penyaklit yang dapat menyerang hewan ternak bahkan manusia yang ada disekitarnya.

Menurutnya, salah satu penyakit yang dapat ditularkan oleh hewan adalah penyakit rabies yang merupakan virus berbahaya yang disebabkan oleh gigitan, cakaran maupun air liur Anjing, Kucing maupun Kera yang apabila tidak ditangani dengan cepat dan tepat dapat menyebabkan kematian bagi manusia.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kab Brebes drh Ismu Subroto MSi menjelaskan, selain pemberian vaksin Rabies dan pemeriksaan kesehatan hewan juga memberikan makanan berbahan dasar hewani, berupa Gerakan Konsumsi Pangan Hewani Bagi Anak Usia Sekolah (Gerimis Bagus) bagi anak usia Sekolah Dasar. Mereka diajak makan telur dan minum susu agar bisa tumbuh kembang dengan baik sehingga bisa menjadi generasi penerus bangsa yang sehat dan cerdas.

Mereka juga diajak mengenal hewan Reptil yang dibimbing oleh komunitas Pecinta Reptil Brebes. Juga mendengarkan dongeng yang tentang sifat-sifat baik dari hewan yang disampaikan oleh Komunitas Kampung Dongeng Tegal.

Tampak hadir, Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH, Ketua DPRD Brebes Mohamad Taufiq SSn, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Masfuri MM, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan drh Ismu Subroto MSi beserta jajaranya, Kabid Peternit Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Propinsi Jawa tengah Drh Abdulah, Dosen Fakultas Peternakan Prof Ir I Gede Suparta Budisatria MSc PhD IPU dan Ir Panjono SPt MP Ph.D IPM (Yaser Arafat/Wasdiun)

Bagikan :



Leave a comment