Malahayu dan Kaligua Jalani Simulasi Pariwisata

Pengelola Berita

2020-07-15 | 20:06:03

# Comments

Tiga Daerah Tujuan Wisata (DTW) Kabupaten Brebes di Pantai Randusanga Indah, Waduk Malahayu, Banjarharjo dan Kebun Teh Kaliigua, Paguyangan menjalani Simulasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Simulasi dilakukan untuk menyongsong dibukannya kembali obyek wisata di dua DTW tersebut.
“Ada tiga DTW yang melakukan simulasi yakni Pantai Randusanga Indah, Waduk Malahayu Dan Agro Wisata Perkebunan Teh Kaligua,” ujar Asisten II Sekda Brebes Dra Tety Yuliana MPd disela simulasi di Kebun Teh Kaligua, Selasa (14/7).
Simulasi, kata Tety, merupakan tindak lanjut pelaksanaan Perbup No 54 tahun 2020 tentang Pedoman Tatanan Normal Baru Pada Kondisi Pandemi Corona Virus Disease 2019 Di Kabupaten Brebes. Melalui Simulasi ini, setiap dinas terkait ataupun pengelola membuat Standar Operasional Pelayanan (SOP) untuk pencegahan penularan Covid-19.
“Komitmen mematuhi protokol kesehatan tidak hanya seremonial saja, karena Pandemi Covid-19 masih ada dan perlu antisipasi sedini mungkin meski Brebes masuk Zona Hijau,” terang Tety.
Manager PTP Kaligua Suroso menegaskan, simulasi ini supaya mendapat evaluasi dari pihak terkait dan masyarakat. Karena tempat wisata unggulan di Brebes ini akan kembali dibuka. “Termasuk kinerja kami dalam mematuhi protokol kesehatan Covid-19, juga mohon dievaluasi,” pintanya.
Kepala Desa Pandansari Irwan Susanto, mengapresiasi kegiatan simulasi sebagai wujud komitmen bersama untuk melaksanakan Protokol Kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. “Jangan sampai, mencuat klaster baru Covid-19 di Desa Pandansari,” ungkapnya.
Irwan Susanto mengaku bersyukur bila Agro Wisata Kebun Teh Kaligua kembali dibuka. Karena berpengaruh signifikan terhadap peningkatan perekonomian masyarakat di desanya.
Kapolsek Paguyangan Iptu Agus Dwi Nugroho SH mengingatkan, agar Pengelola Argo Wisata membatasi jam kunjungan area Kebun Teh Kaligua. “Silahkan masuk jam berapapun, tapi untuk keluarnya maksimal jam tiga sore,” tegas Dwi.
Pemberlakuan protokol kesehatan seperti pakai masker, cuci tangan pakai sabun, tes suhu tubuh dengan thermogun, jaga jarak antara pengunjung yang satu dengan yang lainnya.
Danramil Paguyangan Kapten Suryadi, mengajak untuk bersatu menghadapi Pandemi Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan.
Simulasi dipimpin Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Brebes Drs Diding Setiadi. Simulasi diawali, semua pengunjung diwajibkan memakai masker, selanjutnya cuci tangan dan tetap menjaga jarak antara pengunjung yang satu dengan yang lain. Kemudian pengunjung di tes suhu dengan Thermogun.
Pengunjung juga ditanya apakah ada gejala batuk, sesak nafas, pusing atau ada gejala yang lain. Bila dipandang aman, kemudian pengunjung membeli tiket masuk dan selama di lokasi Perkebunan Teh Kaligua pengunjung diwajibkan memakai masker serta cuci tangan pakai pakai sabun sesering mungkin.
Salah satu pengunjung luar daerah Daidah beserta suami dan anaknya mengaku senang bisa menghirup udara segar di kebun teh Kaligua.
Simulasi yang sama juga sudah dilaksanakan di Pantai Randusanga Indah (Par In Brebes), Waduk Malahayu Banjarharjo.
Terlibat dalam simulasi antara lain dari unsur BPBD Kabupaten, Polres Brebes, Kodim 0713/Brebes, Satpol PP, Masyarakat Desa Pandansari, Pengunjung dan tamu undangan lainnya. (Bambang Sugiarto/Wasdiun)

Bagikan :



Leave a comment












-->