Idza : Pemkab Brebes Sediakan Rp 10 Miliar Untuk Lawan Corona

Pengelola Berita

2020-03-21 | 09:42:13

# Comments

Idza : Pemkab Brebes Sediakan Rp 10 Miliar Untuk Lawan Corona

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH menyediakan anggaran sebesar Rp 10 miliar untuk penanganan Covid-19. Langkah tersebut ditempuh karena harus mengutamakan keselamatan dan kemaslahatan rakyat Brebes.

Demikian disampaikan Idza saat Rapat Koordinasi dengan Forkopimda, Wakil Bupati, Sekda, Dinas terkait dan anggota DPR-RI Komisi IX Dr Dewi Aryani MSi di Pendopo Bupati, Jumat (20/3) sore.

"Saya akan sediakan anggaran Rp 10 miliar untuk penanganan kasus Covid-19," tutur Idza.

Kata Idza, pihaknya juga telah menyiapkan Rumah Sakit Bhakti Asih Jatibarang, yang dikhususkan untuk penanganan kasus pasien Corona. Rumah Sakit yang belum diresmikan itu disiapkan secara khusus untuk penderita Covid-19.

Sementara, Dewi Aryani yang iuga Politisi PDI Perjuangan mendesak Ketua Gugus Tugas Covid-19 untuk melakukan update warga, baik berstatus orang dalam pantuan (ODP), pasien dalam pantauan (PDP) dan terutama yang telah dinyatakan positif corona.

"Saya minta harus ada koordinasi menyeluruh dari tingkat kecamatan sampai kepala desa untuk memantau warganya masing-masing," desak Dewi.

Dewi jugs berharap ada respon cepat dari Kementerian Kesehatan untuk memenuhi tenaga medis yang diperlukan seperti kebutuhan akan dokter spesialis paru-paru di RSUD Brebes.

"Alat pelindung diri (APD) bagi tim medis saat ini juga sangat dibutuhkan. Bukan tidak mungkin pasien akan bertambah apalagi saat ini sudah ada yang kemungkinan positif," ujarnya.

Dalam pandangan Dewi, Brebes rentan penularan karena ribuan warga Brebes banyak yang bekerja di luar negeri, yang merupakan negara yang terkontaminasi Covid-19.

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH bersama Anggota Komisi IX DPR Dewi Aryani, Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Brebes menggelar rapat koordinasi penanganan kemungkinan outbreak di wilayah Brebes.

Rapat membahas masalah teknis terkait percepatan persiapan penanganan Covid-19 mulai dari penyuluhan kepada semua camat hingga kepala desa terkait langkah antisipasi dan kemungkinan adanya penyebaran Covid-19 yang masif.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dr Sartono menjelaskan, di Brebes sudah ada 6 pasien ODP dan PDP

"Yang diisolasi di RSUD Brebes ada 3, di RS Islam Tegal 2, dan di RS dr Soesilo Slawi 1 orang," ungkapnya.

Sartono melaporkan, ada salah satu pasien yang dalam 5 hari terakhir panasnya tidak turun. Namun demikian pihak RSUD masih menunggu hasil tes swab VTM yang hingga kini masih belum diperoleh hasilnya.

Semalam, Bupati melanjutkan rapat koordinasi dengan camat se Kabupaten Brebes di Pendopo Bupati. Idza mengintruksikan kepada seluruh camat agar menerapkan social distencing dengan menunda kegiatan yang bersifat kerumunan massa.

"Pengajian tidak dilarang, tapi ditunda pelaksanaannya," tandas Idza. (Wasdiun)

Bagikan :



Leave a comment