Idza : Optimis, Pemkab Brebes 2020 Raih WTP

Pengelola Berita

2020-04-01 | 11:29:58

# Comments

Bupati Beebes Hj Idza Priyanti SE MH mengaku optimis, dalam tahun 2020 Pemerintah Kabupaten Brebes bakal meraih opini pemeriksaan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Optimisme itu disampaikan Bupati saat teleconference Serah Terima Laporan Keuangan Unaudited Pemerintah Kabupaten Brebes Tahun Anggaran 2019 bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Tengah Ayub Amali SE MM Ak CA di aula Mangrove Baperlitbangda Brebes, Selasa (31/3)

Keyakinan Idza tergambar, karena seluruh pihak sudah melaksanakan pembenahan, khususnya untuk pelaksanaan pengelolaan aset daerah.

"Semoga harapan kami bersama Pemerintah Kabupaten Brebes untuk bisa memperoleh opini pemeriksaan dari BPK Provinsi Jawa Tengah yang mendapatkan predikat WTP, bisa terwujud," harapnya.

Yang lainnya, kata Idza; kami memohon kepada BPK Provinsi Jawa Tengah agar bisa membantu koreksi baik kepada saya, Pak Sekda dan yang lain-lainnya, terutama dalam tata kelola keuangan pemerintah Kabupaten Brebes.

Atas nama Pemkab Brebes kepada BPK RI provinsi Jawa Tengah menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah RKPD kabupaten Brebes Tahun Anggaran 2019 secara online atau video conference karena dalam situasi yang tidak memungkinkan akibat adanya wabah Corona (Covid-19).

Kepada BPK RI provinsi Jawa Tengah, Idza antara lain melaporkan, laporan realisasi anggaran, kinerja, laporan arus kas, laporan operasional, laporan perubahan ekuitas, laporan perubahan saldo anggaran lebih, catatan atas laporan keuangan dan tiga laporan keuangan lainnya, yang pertama laporan keuangan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), yang kedua laporan kinerja dan yang ketiga laporan sisa pelaksanaan Anggaran Pelaksanaan Belanja Desa (APBDes).

Usai sambutan, Bupati Brebes memperlihatkan dokumen LKPD TA 2019 yang telah selesai disusun dan ditandatangani, kepada Kepala BPK RI Perwakilan Jawa Tengah Ayub Amali.

Kepala BPK RI Perwakilan Jawa Tengah Ayub Amali menyampaikan terima kasih, walaupun dalam kesempatan silaturahmi ini tidak bisa bertatap muka secara langsung dan hanya melalui video conference. Ayub menyambut baik serta mengapresiasi pimpinan dan jajarannya atas kinerja pemkab Brebes dalam pembenahan laporan keuangan.

Perlu diketahui, BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah tetap menjalankan tugas sesuai prosedur atas apa yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat. Meskipun BPK sedikit merubah metode pemeriksaannya tidak dengan bertatap muka.

"Dikarenakan Kantor kami telah kami tutup, dan kami menunggu anjuran dari pemerintah pusat dan ternyata kemarin malam kami dapat laporan untuk bekerja dirumah diperpanjang sampai dengan tanggal 14 April mendatang, maka bisa dilakukan kerja kita lewat teleconference, Sedangkan data-datanya nanti bisa dikirim via email.," terangnya

Kita berharap, semoga wabah covid-19 ini segera berakhir, dan kita semua bisa beraktivitas kembali normal untuk membangun negara Indonesia khususnya Jawa Tengah dan Kabupaten Brebes. Sehingga BPK pun dapat menerapkan prosedur pemeriksaan sesuai ketentuan yang berlaku.

Teleconference didampingi Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan MT, Inspektorat Drs Sri Teguh Pambudi MM, Kepala Baperlitbangda Drs Edi Kusmartono MSi, Kepala BPPKAD DR Angkatno MPd, serta Sekretaris BPPKAD, dan beberapa Kepala Dinas terkait lainnya. (Suprapto/Wasdiun).

Bagikan :



Leave a comment












-->