Idza Berharap Bidan Jadi Teladan Dalam Ber-KB

Pengelola Berita

2020-06-15 | 20:57:57

# Comments

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH berharap, bidan bisa menjadi teladan dalam mensukseskan program Keluarga Berencana (KB). Suksesnya program KB, bukannya mengurangi pekerjaan bidan karena hanya sedikit orang yang melahirkan. Tetapi justru dengan suksesnya program KB, bidan juga ikut sukses karena telah menyelamatkan ibu dan menciptakan anak yang berkualitas. Bidan juga harus menekan tingginya Angka Kematian Ibu melahirkan (AKI) dan Angka Kematian Bayi yang dilahirkan (AKB).
Pesan tersebut disampaikan bupati saat Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pengangkatan Pertama dalam Jabatan Fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes Tahun 2020 di Pendopo Bupati, Senin (15/6).
Idza wanti-wanti kepada para bidan agar memberi contoh terutama secara pribadi, dengan cukup memiliki dua anak saja. Juga harus gigih mengajak ibu-ibu muda untuk mengikuti program KB.
Jangan sampai, kata Idza, terjadi ledakan penduduk di Kabupaten Brebes akibat tidak ada peran bidan dalam mensukseskan program KB.
“Kabupaten Brebes, saat ini memiliki penduduk lebih dari 1,9 juta jiwa,” ungkapnya.
Sedangkan kepada para guru, Idza, menekankan agar mengawal terus pembelajaran siswa yang masih di rumah. Pandemi Covid-19 telah menjadikan pembelajaran bagi seluruh warga sekolah, termasuk orang tua yang berada di rumah.
Anak-anak Brebes, sambung Idza, harus disiapkan semaksimal mungkin SDM-nya. Sehingga peran guru di Brebes sangat diharapkan. Terutama dalam menghadapi era industrialisasi di Brebes setelah ditetapkannya Kabupaten Brebes sebagai Kawasan Industri Brebes (KIB) dan Kawasan Peruntukan Industri Brebes (KPIB).
“Brebes harus menyiapkan sumber daya manusia yang unggul, sehingga mampu bersaing dan bekerja di daerah sendiri,” paparnya.
Dalam kesempatan itu, Idza menyampaikan sesuai keputusan pemerintah pusat, bahwa Kabupaten Brebes telah menerapkan new normal atau tatanan normal baru. Yang artinya tatanan dalam penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan harus berjalan kembali, namun tetap menjalankan protokol kesehatan pada aktifitas keseharian.
Termasuk dalam kegiatan pengambilan sumpah dan pelantikan pengangkatan pertama jabatan fungsional ini, dengan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan covid-19.
Kepala Badan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kabupaten Brebes (BKPSDMD) Sutrinsno menjelaskan, Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dilantik dan disumpah sebanyak 292. Mereka terdiri dari 236 tenaga kesehatan (bidan), 55 tenaga pendidik dan satu penilik sekolah.
Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH, Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan MT, Asisten I Sekda Drs Apriyanto Sudarmoko MSi, Asisten III Sekda Yuta Sugihyarti SH, Kepala BKPSDMD Sutrisno SH dan tamu undangan lainnya. (Suprapto/Wasdiun)

Bagikan :



Leave a comment












-->