Bupati Pantau Langsung Pencairan BST

Pengelola Berita

2020-05-09 | 14:17:16

# Comments

Sebanyak 58.054 Kepala Keluarga Se Kabupaten Brebes terdampak pandemi virus Corona (Covid-19) mendapat bantuan sosial tunai (BST) Rp 600 ribu. Setiap keluarga mendapat bantuan hingga tiga bulan ke depan. Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH memantau langsung pencarian dana tersebut di Kantor Pos Brebes, Jumat (8/5).

"Saya lihat, penerima tampak gembira, penyaluran juga lancar, tertib dan sesuai protokoler kesehatan," ujar Bupati Brebes yang juga Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Brebes, Hj Idza Priyanti SE MH.

Dalam sambutannya Idza menjelaskan,
Para penerima bantuan merupakan warga terdampak Covid-19. Mereka akan menerima bantuan tunai selama 3 bulan kedepan, mulai April, Mei dan Juni.

"Pencairan hari ini adalah untuk bulan April kemarin. Dan bantuan bulan Mei diberikan nanti pada akhir Mei, dan untuk Juni diberikan bulan Juni," ucapnya.

Lanjut Idza, penerima bantuan ini merupakan keluarga yang masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial. Dan bantuan sosial ini juga bisa dicairkan di kantor-kantor pos dan Bank yang ditunjuk.

"Kalau ada yang tidak mendapat bantuan dari Kemensos, akan dapat dari desa. Jumlahnya sama," ujarnya.

Selain dari Kemensos RI, warga terdampak pandemi Covid-19 juga akan mendapat bantuan tunai dari desa masing-masing. Penerima bantuan dari desa ini khusus bagi warga yang tidak mendapat bantuan dari Kemensos RI, pungkasnya.

Kepala Kantor Pos Brebes Omai Gunawan menambahkan, tidak semua pembayaran bansos bagi warga terdampak pandemi virus Corona di lakukan di kantor pos. Dari 58.054 KK penerima bantuan ini, yang bantuannya dicairkan melalui kantor pos sebanyak 50.943 KK dan sisanya 7.111 KK dicairkan melalui kantor bank yang ditunjuk.

Omai juga menyampaikan laporannya, hari ini kantor pos Brebes mencairkan untuk Kelurahan Gandasuli sebanyak 388 KK dan beberapa waktu yang lalu Desa Banjaranyar telah mencairkan sebanyak 312 KK, namun baru tercaikan 271 KK selanjutnya yang belum nanti akan dicairkan ketahap berikutnya,.

"Mekanismenya, mereka yang mengambil sudah mendapat surat pemberitahuan melalui desa atau kelurahan. Kemudian datang ke kantor pos dengan membawa KTP dan Kartu Keluarga. Jadi boleh diwakilkan pengambilannya oleh orang yang ada dalam KK itu," jelas Omai.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH, Kepala Kantor Pos Brebes Omai Gunawan, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda dan Kapolsek Brebes serta tamu undangan lainnya. (Suprapto/Wasdiun)

Bagikan :



Leave a comment












-->