Bupati: KKN, Saatnya Mahasiswa Berkontribusi Kepada Masyarakat

Pengelola Berita

2020-03-10 | 08:30:40

# Comments

Kuliah Kerja Nyata (KKN) menjadi momentum bagi mahasiswa untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat. KKN adalah saat yang tepat bagi seorang Mahasiswa untuk mengimplementasikan teori yang didapat di Kampus ke dalam kehidupan nyata di masyarakat. Untuk itu dalam pelaksanaannya Mahasiswa harus benar benar serius, jangan seremonial apalagi hanya untuk memenuhi tugas kuliah saja.
Demikian harapan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH sebagaimana disampaikan Wakil bupati Brebes Narjo SH MH saat melepas penerjunan KKN Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Brebes di Pendopo Bupati, Senin (9/3).
Mahasiswa, lanjut Narjo, bisa mengambil ilmu yang tidak didapat di bangku kuliah. Tetapi dialam nyata kehidupan masyarakat. Untuk itu, Narjo berpesan agar para mahasiswa KKN bisa beradaptasi, berkomunikasi dengan baik dan ber baur dengan masyarakat.
“Ditengah masyarakat, bisa saling bertukar ilmu, ungkapkan ide dan gagasan yang bisa sama sama dijalankan,” ajak Narjo.
Narjo juga berpesan agar Mahasiswa KKN dapat memberikan contoh sekaligus mengajak masyarakat utuk dapat melaksanakan gaya hidup sehat dari hal terkecil seperti mengajak masyarakat untuk mencuci tangan pakai sabun, dan berolah raga.
Sementara Ketua STAI Brebes M Rohidin MHum dalam kesempatan tersebut mengucapkan terimakasih kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Brebes yang selama ini telah menjalin kerjasama terkait KKN Mahasiswa dengan baik.
Rohidin menjelaskan, tahun ini adalah KKN yang ke-15 dengan berbasis penelitian. Perubahan dari basis konvensional ke penelitian diharapkan mampu membawa perubahan yang lebih baik bagi STAI Brebes dan masyarakat Brebes.
Rohidin juga berharap dibawah kepemimpinannya, STAI dapat menjadi Institut berbasis penelitian yang handal, yang memiliki keunggulan. Sehingga dapat menjadi Institusi pendidikan yang besar, dipercaya dan diminati Masyarakat.
Dalam laporanya Rohidin menyampaikan, jumlah mahasiswanya yang diterjunkan KKN 2020 sebanyak 193 orang. Mereka akan ditempatkan di 3 kecamatan yang tersebar di 19 desa, dari 9 Maret hingga 17 April 2020.
Terinci, di Kecamatan Tanjung meliputi Desa Mundu, Luwungbata, Luwunggede, Sarireja, Sengon, Kedawung, Tegongan, Pengaradan, Krakahan, Lemahabang dan Sidakaton. Untuk Kecamatan Paguyangan meliputi Desa Winduaji, Wanatirta, Taraban, Kretek, Pagojengan dan Pakujati. Sedangkan untuk Kecamatan Salem di Desa Kadumanis dan Gandoang.
Tampak hadir dalam penerjunan KKN STAIB antara lain Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH, Ketua STAI Brebes M Rohidin MHum, Ketua LPPM STAI Brebes Roisah MPd, Ketua Dewan Pendidikan H Iskandar, dosen pembimbing serta tamu undangan lainya. (Yaser Arafat/Wasdiun)

Bagikan :



Leave a comment