Bupati Brebes : Giatkan Lagi Koprasi di Sekolah dan Kelompok Masyarakat

Pengelola Berita

2020-07-12 | 19:49:31

# Comments

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH mengajak masyarakat untuk menghidupkan kembali koperasi di lingkungannya. Tumbuhnya koperasi dilingkungan RT/RW akan menata ekonomi masyarakat terkecil sehingga makin sejahtera.

Harapan tersebut disampaikan Idza Priyanti saat tasyakuran memperingati Hari Koperasi ke-73 tingkat Kabupaten Brebes di Pendopo Bupati, Minggu (12/7).

Hanya lewat koperasi, soko guru perekonomian akan kuat dan terhindar dari praktek praktek riba. Terbukti, koperasi yang maju, mampu mensejahterakan anggotanya.

Termasuk dalam menghadapi Pandemi Covid-19, keberadaan dan eksistensi Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terus terjaga dan semakin berkembang.

Idza juga berharap Koperasi sebagai rumah pemberdayaan UMKM harus selalu aktif dan selalu mencari terobosan baru dalam pelayananya, sehingga dapat semakin berkembang demi kesejahteraan seluruh anggotanya.

Sebagai upaya menjaga eksistensi, kata Idza,  pelaku UMKM hendaknya berinovasi dengan meningkatkan kualitas prodaknya sehingga makin laris dan mampu bersaing dengan prodak dari pabrikan yang bersekala besar.

Inovasi yang dilakukan antara lain merubah cara pemasaran dengan cara Online. Karena saat sekarang pemasaran secara online juga efektif dan  menjanjikan.

“Gunakan HP Android untuk memasarkan produk, bisa lewat Whatsapp, Facebook, Instagram dan lain lain agar produk dagangan kita semakin dikenal,” ajak Idza.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Brebes Drs Zaenudin Msi melaporkan, peringatan Hari Koperasi ke-73 tahun 2020 di motori seluruh Koperasi yang ada di Brebes. Hal ini dilakukan untuk menunjukan bahwa Koprasi di Brebes masih eksis dan aktif.

Kata Zaenudin, jumlah Koperasi di Kabupaten Brebes sebanyak 301 dan yang aktif sebanyak 227 koperasi. Dari jumlah Koprasi yang ada tersebut sudah menaungi ribuan UMKM dari berbagai sektor usaha.

Selain itu para pelaku UMKM juga dilibatkan dalam kegiatan tersebut untuk secara langsung memasarkan prodak yang dimiliki.

Di seputaran Pendopo, di gelar gerai gerai UMKM di Kabupaten Brebes. Bupati merespon positif hasil produk UMKM yang tidak kalah dengan jajanan lain di supermarket.  Idza dan pejabat lain serta tamu undangan memborong prodak UMKM tersebut.  

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Brebes Idza Priyanti SE MH, Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH, Ketua Dekranasda yang juga suami Bupati Brebes AKBP Dr Drs Warsidin MH, Kepala Dinas Koperasi, Usaha mikro dan perdagangan Drs Zaenudin Msi, Asisten II setda Brebes Teti Yuliati, Ketua Kadin Brebes Indra Kusuma S sos, dan tamu undangan lainya.(Yaser Arafat/Wasdiun)

Bagikan :



Leave a comment












-->