Bantuan Pasca Banjir Ketanggungan, Masih Mengalir

Admin Web

2020-01-24 | 07:22:35

# Comments

Bantuan pasca banjir sejak melanda lima desa di Kecamatan Ketanggungan pada 8 Januari lalu, hingga kini masih terus mengalir. Terakhir, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Brebes dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Brebes menyerahkan bantuan di Desa Ciekeusal Lor, Kecamatan Ketanggungan, Rabu (23/1). Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH dan diterima Warga penerima bantuan. “Saya secara pribadi maupun atas nama pemerintah masih prihatin dengan bencana banjir yang melanda Ketanggungan. Waktu itu, saya masih di Mekkah sedang ibadah Umroh,” ungkap Idza seraya memohon maaf kepada masyarakat yang hadir.Namun demikian, kata Idza, pihaknya sudah melaksanakan peninjauan sepulang dari tanah suci. Dan Bahkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

Idza berpesan, masyarakat harus mulai menanam kembali tanaman keras yang bisa menahan air sehingga tidak terjadi banjir. Begitupun warga lain, sudah melakukan penanaman pohon secara bersama-sama sebagai bukti kepedulian kepada masyarakat Ketanggungan. 
“Insya Allah, setiap bulan akan kami programkan penanaman pohon secara masal dihutan-hutan yang sudah mulai gundul,” kata Idza. 

Camat Ketanggungan Urip Rosidik juga meminta kepada masyarakat Ketanggungan agar membiasakan buang sampah pada tempatnya. Jangan sampai, sungai maupun selokan menjadi tempat pembuangan sampah yang berakibat pada mampetnya saluran air dan mengakibatkan banjir serta timbulnya penyakit. 

“Jadikan sungai kita bersih, sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengairi sawah dan keperluan lainnya,” kata Urip.

Ketua GOW Kab Brebes Hj Aqilatul Munawaroh mengatakan, sesungguhnya sudah bolak-balik ikut mendampingi pemberian bantuan dari berbagai organisasi wanita seperti Muslimat NU, Fatayat NU dan lain-lain. 

Ketua Baznas Kabupaten Brebes Dr KH Chusnan Zein menjelaskan, kalau saat ini menyalurkan Baznas sebesar Rp 64.250.000,- kepada warga Desa Ciekeusal Lor yang terdampak banjir cukup parah. 
Sementara Manager Farm PT Charoen Pokphan Indonesia Patut Sudrajat memberikan 3000 butir telor ayam kepada masyarakat desa Ciekeusal Lor. 

Kepala Desa Ciekeusal Lor Irwan Susandhi mengucapkan terima kasih atas kepedulian Bupati dan seluruh elemen masyarakat pada warganya yang terdampak banjir. Semoga apa yang diberikan kepada warganya bernilai ibadah dan bermanfaat. (Bambang Sugiarto/Wasdiun).

Bagikan :



Leave a comment












-->