logo

Sunday 17th of November 2019

Layanan Kecamatan

Layanan SID Brebes

Layanan Hotspot

Bupati dan Wakil

Hari Jadi Kab. Brebes

Hari Jadi Ke-341 Tahun 2019

OPD BARU 2017

OPD Kab. Brebes per 2017

GPR Kominfo

 

Jumlah Pengunjung

Flag Counter

Kontingen Jambore Daerah (Jamda) SD/MI Jawa  Tengah III dari Kwartir Cabang (Kwarcab) 11.29 Brebes dilepas. Pelepasan ditandai dengan penyerahan bendera Kwarcab dan pemakaian jaket seragam kepada perwakilan peserta. Mereka bakal mengikuti kegiatan pramuka penggalang se Jawa Tengah selama lima hari sejak 21 hingga 26 Juni 1914 di Taman Wisata Kalianget Kabupaten Wonosobo.

Ketua Kwarcab Brebes H Emastoni Ezam SH MH saat melakukan pelepasan di Sanggar Pramuka Jalan Pramuka 29 Brebes mengaku bangga. “Meski kalian masih kecil-cil tapi Kakak liat bagai cabe rawit,  kecil tapi hebat,” tutur Emastoni saat melepas kontingen di Sanggar Pramuka Kwarcab Brebes, Jumat (20/6/14)

Kak Ton-demikian sapaan akrabnya- berpesan, peserta Jamda merupakan kader pramuka pilihan. Karena tidak semua anggota pramuka bisa mengikuti kegiatan ini. Untuk itu agar bisa menunjukan prestasinya di medan Jambore. Tingkatkan terus pengetahuan dan ketrampilannya, jangan segan-segan untuk bergaul dan menambah persaudaraan. “Ikutilah semua kegiatan dengan kesiapan mental dan pengetahuan dan jangan lupa harus selalu riang gembira, ceria bersama,” kata Kak Ton.

Yang tidak kalah penting, lanjutnya, peserta harus terus menjaga kesehatan. Jangan sampai terdiam gara-gara dilanda sakit, karena di Wonosobo berhawa dingin. Bagi adik-adik asal Brebes wilayan selatan seperti Salem, barangkali bukan hal masalah dengan hawa dingin. Tetapi bagi anak-anak pantai dan kota Brebes tentu ada masalah dengan hawa dingin.  Untuk itu, turutilah nasehat pembina pendamping.

 

Meski menjadi Sang Juara bukan target utama, kata Kak Ton, tetapi semangat meraih prestasi harus terus dikobarkan. “Pendidikan karakter dan profesionalisme kerja tergali dan tumbuh sejak masa kanak-kanak,” tandasnya.

Pimpinan Kontingen Jamda Kwarcab Brebes Tarjono menjelaskan, Kwarcab Brebes  mengirimkan 16 Penggalang Putra dan 16 Penggalang Putrim 4 pendamping, 2 pendukung dan 1 pimpinan kontingen. Dalam perkemahan 5 tahunan itu, Kontingen Kwarcab bakal menampilkan menampilkan tari Sintrenan dan pembuatan pionering.

Peserta merupakan perwakilan dari anggota gudep yang berpangkalan di SD/MI se Kab Brebes. Sebelumnya, mereka telah menempuh pembekalan materi jambore sejak tiga bulan yang lalu. “Kesiapan fisik, mental, dan penampilan lomba sudah matang. Yang jelas, kami mohon doa restu dari masyarakat Brebes semoga Kwarcab Brebes menjadi kontingen Tergiat,” pinta Jono. (wasdiun)



© Pemerintah Kabupaten Brebes. All Rights Reserved.