Basuki: Perbaikan Tanggul Sungai Babak, Kita Harus Kerja Cepat
Basuki: Perbaikan Tanggul Sungai Babak, Kita Harus Kerja Cepat

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau tanggul yang jebol di Sungai Babakan, Ketanggungan, Kabupaten Brebes. Jebolnya tanggul tersebut terjadi pada Rabu (8/1) lalu, sehingga mengakibatkan banjir dan merendam enam desa. Dalam kunjungan, Basuki langsung memerintahkan penanganan tanggul tersebut dan menargetkan harus selesai paling lambat 10 hari.
"Kita kerjakan cepat, sore ini kita mulai. Tadi saya sudah telepon (kontraktor) Wijaya Karya," ucap Basuki saat mengecek Jembatan Padakaton, Kali Babakan yang sempat terendam banjir, Minggu (12/1).

 

Basuki: Perbaikan Tanggul Sungai Babak, Kita Harus Kerja Cepat
Basuki: Perbaikan Tanggul Sungai Babak, Kita Harus Kerja Cepat

Basuki mengatakan, satu minggu atau paling lama 10 hari harus sudah selesai. Mengingat musim hujan diprediksi masih akan berlangsung sampai Maret. Bulan Februari adalah puncak-puncaknya.
Untuk menangani perbaikan tanggul sungai ini, Basuki menunjuk kontraktor BUMN yakni Wijaya Karya. Penanganan langsung dilakukan hari ini dengan mendatangkan sejumlah alat berat. Basuki menyebut penanganan ini tidak hanya pada perbaikan tanggul, tapi juga akan dilakukan pengerukan dasar sungai dan pelebaran.
"Nanti (tanah) kerukannya akan dijadikan tanggul dan harus dipadatkan. Kalau tidak, bisa bablas kena air nanti," jelas Basuki.
Ia menargetkan, penanganan tanggul Sungai Babakan selesai dalam waktu satu pekan atau paling lambat 10 hari. Perbaikan dilakukan mulai dari Desa Cikeusal Lor sampai hulu sepanjang 4 km.
"Terjadi banjir dikarenakan tanggul kritis dan pendangkalan, akibat sedimentasi di Sungai Babakan," ungkap Basuki.
Ditambakan Basuki, hal tersebut merupakan permasalahan lama yang sampai saat ini belum tertangani. Perbaikan tanggul ini diharapkan bisa mencegah banjir yang sering terjadi di Ketanggungan.
Ada dua titik tanggul Sungai Babakan yang menjadi prioritas penanganan cepat yakni di Desa Ketanggungan dan Cikeusal Lor.
Usai dari Jembatan Padakaton, rombongan melanjutkan ke lokasi terdampak banjir lainnya yaitu Bendungan Cisadap Buara dan tanggul sungai Desa Cikeusal Lor.
Turut hadir saat peninjauan lokasi, Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan MT, Forkopimda Brebes serta BBWS Cimanuk Cisanggarung. (Bayu Arfi/Wasdiun)